Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

 Nyeseg parah tapi ga tau alasannya?

#pernagasih #mentalhealth 

Pernah ga si guys, kalian ngerasa tiba-tiba nyeri banget di bagian ulu hati, jantung, perut, dan sekitarnya tapi bukan penyakit ya.., terus tiba-tiba pengen nangis atau bahkan pengen teriak sekencang-kencangnya. Tapi masalahnya kalian ga tau nih apasih yang bikin sakit ga jelas ini. Semakin dipikir apa penyebabnya kok malah semakin menjadi nyesegnya gitu. Parahnya lagi kalau terus terusan dibiarin bisa menghambat produktivitas diri guys, bener ga sih? Kalau kalian pernah berarti kita sama hikd… Cerita sedikit boleh laa, dulu aku pernah ngerasain ini. Sakit tapi ga tau penyebabnya. Karena bingung aku tanya nih ke temen-temen aku, eh mereka malah ikutan bingung hahaha… setelah berusaha buat menenangkan diri akhirnya aku tau apa penyebabnya.

Nah kali ini aku mau kasih tau kalian apa sih penyebab dari rasa sakit yang ga jelas ini dan dari mana asalnya, mungkin udah banyak banget jurnal, artikel, atau blog yang membahas tentang topik ini, tapi gapapa lah ya aku bahas ini, sekalian buat sharing pengalaman hehehe. Biar tambah yakin, selain dari pendapatku aku bakal kasih tau juga dari sisi medis.

Setelah aku baca-baca dari berbagai sumber, masalah utamanya adalah pada syaraf dan otak kita. Wah kok bisa, padahal yang sakit kan hatinya…. Jawabannya adalah di dalam tubuh kita ada banyak sekali reseptor atau istilah mudahnya penerima rangsang. Nah reseptor-reseptor ini terhubung ke seluruh tubuh termasuk otak, guys. Jadi otak manusia memiliki bagian yang berfungsi mengatur emosional sekaligus mengatur kemampuan berfikir. Singkatnya bagian otak ini bisa mengubah perasaan senang atau sedih menjadi sesuatu yang bisa dirasakan tubuh secara nyata. Misal saat kita senang tubuh akan merasa fit, sehat, segar, bugar, dan pastinya menjadikan aura positif. Sebaliknya, saat kita sedih tubuh akan terasa 3L yaitu lemah, letih, lesu, bahkan bisa menyebabkan nyeri pada jantung, dada, atau perut dan sekitarnya.

Pernah berpikir ga kenapa sih bisa dibilang sakit hati, padahal kan yang sakit bukan hatinya tapi bagian dada atau jantung. Sering kali hati digunakan sebagai lambang perasaan ya guys, meskipun fungsi hati yang sesungguhnya adalah menghancurkan racun dalam darah, menghasilkan protein, bahkan membantu proses pencernaan. Dalam Bahas Inggris istilah yang sering digunakan adalah ­heart jika diterjemahkan dalam Basa Indonesia artinya adalah jantung atau hati dalam artian hati sebagai tempat dirasakannya emosi, bukan hati secara real organ dalam tubuh manusia. Meskipun ‘hati’ yang merasa sakit tetapi sebenarnya emosi tersebut tetap diolah di dalam otak, guys.

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa sakit itu?

1.    Langkah awal yang menurutku wajib dilakukan adalah tenangkan diri, ambil napas panjang diulang hingga diri merasa lebih tenang.

2.     Akui hal yang membuatmu merasa sakit, sekecil apapun itu sesepele apapun masalah itu aku saja, jangan pernah berusaha untuk membohongi diri sendiri karena otak dan tubuh itu lebih mengerti tentang perasaan kita yang sesungguhnya.

3.  Jika sudah mengerti apa masalah atau penyebabnya cobalah untuk mencari solusi secara perlahan dan tidak gegabah, bila perlu mintalah saran kepada orang yang kamu anggap wise dan bisa membantumu menyelesaikan masalah ini.

4.  Cobalah untuk terbuka dan jujur kepada orang lain yang kamu percayai, jangan pendam masalahmu sendiri karena hal itu justru akan menambah derita yang kamu rasakan.

5. Lakukan hal-hal yang membuatmu lebih merasa nyaman dan rileks (me time) seperti mendengarkan musik, meminum secangkir cokelat panas, dan lain-lain. Jika perasaanmu sudah jauh lebih tenang otak akan lebih mudah bekerja.

6.   Jangan berlarut-larut dalam kesedihan ya guys, apalagi sampai menyiksa diri. Kasihanilah dirimu sendiri, kalau bukan kamu yang ngerawat lalu siapa lagi? Tidak ada orang lain yang lebih mengerti dirimu selain dirimu sendiri.

Dunia ini memang tempatnya capek, tempatnya susah, tempatnya sedih juga. Walaupun demikian sebisa mungkin buatlah dirimu bahagia dengan cara yang positif. Memperdalam ilmu agama juga sangat penting loh guys, seperti quote bijak “jikalau tidak ada pundak untuk bersandar masih ada sajadah untuk bersujud”. Kalimat bijak itu benar, terkadang manusia juga perlu berbicara dengan Tuhannya walalupun hanya melalui doa. Tetapi percayalah bercerita atau curhat di dalam doa sambil menangis adalah cara terbaik untuk menyembuhkan rasa sakit yang ga jelas ini. Semangat guys, mengeluh tak masalah yang penting jangan sampai putus asa apalagi sampai melakukan tindakan nekat yang bakal ngerugiin diri sendiri dan orang lain. Jangan lupa senyum, guys! Sekian dan terima gaji :)

 

Posting Komentar untuk " "